Garut Di Guyur Hujan, Puluhan Rumah di Desa Sukasenang Terendam Banjir

Garut Di Guyur Hujan, Puluhan Rumah di Desa Sukasenang Terendam Banji

 
Jurnal Bayangkara News, GARUT - Banjir yang  merendam puluhan rumah  di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut diakibatkan hujan yang mengguyur sejak siang hari.
Sungai Ciojar airnya meluap sampai ke permukiman rumah warga dan menutupi Jalan Banyuresmi serta beberapa rumah warga yang berada di pinggir Sungai Ciojar mengalami kerusakan.
Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan, mengatakan " Bahwa banjir mulai merendam rumah warga di Kampung Babakan Salam, RT 2, 3, dan 4 RW 13 sekitar pukul 19.00."
Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (11/04/2019) siang, membuat aliran sungai tak mampu menampung air hujan.
"Satu rumah milik pak Mugni, pensiunan Lapas ambruk. Sedangkan rumah warga yang terendam ada 40," ucap Iwan.
Iwan menyebut, banjir biasanya hanya menutup akses jalan. Rumah warga sangat jarang terendam banjir.
"Kalau malam ini banjirnya parah. Sampai dinding rumah di pinggir sungai jebol," katanya.

Ari Ewok salah seorang warga pun mengatakan " Banjir yang terjadi diakibatkan dari pendangkalan sungai Ciojar, sehingga sungai tidak mampu menampung debit air disaat hujan deras datang saat ini."

"Kepada Birokrasi yang terkait, kami mengharapkan perhatiannya untuk pengerukan sungai Ciojar, agar di saat hujan lebat tidak terjadi lagi banjir yang sampai merendam kepemukiman warga." Ari Ewok mengatakan dengan penuh harap.
Petugas BPBD, TNI, dan polisi langsung datang membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam ke rumah kerabat dan tetangga yang rumahnya aman dari banjir. A. Sutarlan / JBN

Komentar

Postingan Populer